RSS

Akhirnya Dia Mati Seperti Keledai

Kisah ini terjadi di Universitas ‘Ain Syams, fakultas pertanian di Mesir. Sebuah kisah yang amat masyhur dan dieksposs oleh berbagai media massa setempat dan sudah menjadi buah bibir orang-orang di sana.

Pada tahun 50-an masehi, di sebuah halaman salah satu fakultas di negara Arab (Mesir-red.,), berdiri seorang mahasiswa sembari memegang jamnya dan membelalakkan mata ke arahnya, lalu berteriak lantang, “Jika memang Allah ada, maka silahkan Dia mencabut nyawa saya satu jam dari sekarang!.”

Ini merupakan kejadian yang langka dan disaksikan oleh mayoritas mahasiswa dan dosen di kampus tersebut. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2010 in Islam dan Pengetahuan, Mutiara Nasihat

 

Ucapan Selamat Natal

UCAPAN SELAMAT NATAL

Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Tentang hukum mengucapkan selamat natal kepada orang kafir. Dan bagaimana kita menjawab orang yang mengucapkan natal kepada kita? Apakah boleh mendatangi tempat-tempat yang menyelenggarakan perayaan ini? Apakah seseorang berdosa jika melakukan salah satu hal tadi tanpa disengaja? Baik itu sekedar basa-basi atau karena malu atau karena terpaksa atau karena hal lainnya? Apakah boleh menyerupai mereka dalam hal ini?

Jawaban
“Mengucapkan selamat kepada orang-orang kafir dengan ucapan selamat natal atau ucapan-ucapan lainnya yang berkaitan dengan perayaan agama mereka hukumnya haram, hukum ini telah disepakati”. Sebagaimana kutipan dari Ibnul Qayyim dalam bukunya Ahkam Ahl Adz-Dzimmah, yang mana beliau menyebutkan, Read the rest of this entry »

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2010 in Islam dan Pengetahuan, Mutiara Nasihat

 

Hukum Perayaan Menyambut Tahun Baru

Hukum Perayaan Menyambut Tahun Baru

Oleh
Al-Lajnah Ad-Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah wal Ifta

Pertanyaan.
Al-Lajnah Ad-Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah wal Ifta ditanya :
[1]. Pada beberapa hari belakangan ini, kami menyaksikan betapa gencarnya liputan mass-media mass-media (cetak maupun elektronik) dalam rangka menyambut datangnya tahun baru seputar kejadian-kejadian dan prosesi-prosesinya. Terlihat bahwa orang-orang kafir dari kalangan yahudi dan nashrani serta selain mereka begitu suka cita menggantungkan harapan-harapan dengan adanya hal itu. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2010 in Islam dan Pengetahuan, Mutiara Nasihat

 

Ayah, Bolehkah Berpacaran?

ABSTRACT:
Mungkin ada diantara kita selaku orangtua yang tidak
mampu bersikap tegas dalam menyampaikan ajaran Islam,
terutama yang berhubungan dengan psikoseksual remaja.
Kita ‘malu’ menyampaikan kebenaran, padahal itu adalah
kewajiban kita untuk menyampaikannya dan hak mereka
untuk mengetahuinya. ‘Ayah, bolehkah berpacaran?’
mungkin salah satu pertanyaan yang lambat laun akan
menyergap kita. Salah satu jawaban yang cerdas,
memuaskan dan tepat, mungkin dapat kita simak dari
artikel di bawah ini. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2010 in Dunia Remaja

 

Dimana Allah..?

Allah yang menciptakan kita, mewajibkan kita untuk mengetahui di mana Dia, sehinga kita dapat menghadap kepadaNya dengan hati, do’a dan shalat kita. Orang yang tidak tahu di mana tuhannya akan tersesat, tidak tahu kemana ia menghadap kepada sembahannya, dan tidak dapat melaksanakan ibadah (penghambaan) kepadaNya dengan sebenar-benarnya. Sifat Mahatinggi yang dimiliki Allah atas makhluknya tidak berbeda dengan sifat-sifat Allah yang lain sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Qur’an dan hadits shahih, seperti : mendengar, melihat, berbicara, turun dan lain-lainnya.

Aqidah para ulama salaf yang shaleh dan golongan yang selamat “Ahlussunnah wal Jamaah” telah mengimani apa yang diberitakan Allah dalam Al-qur’an dan apa yang diberitakan Rasulnya dalam hadits, tanpa ta’wil (menggeser makna yang asli ke makna yang lain). Ta’thil (meniadakan maknanya sama sekali) dan tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluknya). Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2010 in Islam dan Pengetahuan

 

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Pernah denger istilah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”? Benar juga ya istilah tersebut, kita sayang sama teman atau sahabat dan mungkin pendamping hidup karena kita telah mengenal kepribadian dan sifat-sifatnya bahkan tanggal lahirnya kita mengetahui. Perkenalan dapat membuat kita sayang pada orang yang kita cintai.

Jika kita telah mengenal sosok berikut ini tentu kita akan terpesona melihat kepribadian dan keindahan akhlaknya yang mulia, kita akan mencintainya. Karena kita telah mengenal lebih dekat bagaimana kepribadiannya. Selain itu dapat menjadi contoh bagi kita karena keagungan budi pekertinya. Dia adalah Nabi Muhammad saw, seorang Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT.

Muhammad bin Abdullah itulah nama beliau, sejak kecil Allah telah menjaganya dari segala perilaku buruk dan terpelihara dari dosa. Read the rest of this entry »

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2010 in Dunia Remaja

 

Memaafkan…

Memaafkan? Wah…Sulit tuh!

Punya banyak teman? Wah…tentu sangat menyenangkan, apalagi teman tersebut setia kepada kita. Tetapi bagaimana jadinya yach jika suatu hari teman kita melakukan kesalahan yang sangat menyakitkan bagi kita? Haruskah diselesaikan dengan pertengkaran? Atau bisakah kita mengabulkan permintaan maafnya dengan tulus dan tanpa memarahinya meski kita berhak melakukannya?

Memecahkan permasalahan dengan pertengkaran dan perdebatan bukanlah solusinya, justru akan menambah rumit suatu permasalahan dan membuat suasananya semakin panas serta mengakibatkan permusuhan antara kita dengan teman kita. Mengapa harus diselesaikan dengan pertengkaran, jika teman yang kita anggap melakukan kesalahan sudah berani mengakui kesalahannya dan berani untuk meminta maaf kepada kita. Bisakah kita memaafkannya dengan tulus? Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2010 in Dunia Remaja

 

Muslim Brazil di Bawah Ancaman Penginjil

Brazil adalah negara Katolik terbesar di Dunia. Populasi penduduknya mencapai 180 juta jiwa. Terletak di ujung barat Samudera Atlantik, iklimnya tropis dan penduduknya multietnik. Islam masuk ke negeri itu dari Afrika Barat lebih dari 500 tahun yang lalu.

Di Negeri Samba itu, mungkin Islam mulai menggeliat. Hal ini setidaknya tergambar dari kekhawatiran orang-orang Katolik terhadap perkembangan Islam di negeri sepakbola itu. Pada pertengahan November 2003, sebuah situs Kristen berbahasa Indonesia, http://www.sabda.org,/ memuat sebuah tulisan mengenai kekhwatiran pihak Kristen terhadap perkembangan Muslimin di Brazil.

Menurut situs Kristen ini perkembangan umat Islam mengusik keberadaan Kristen setidaknya dimulai sejak 40 tahun yang lalu. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Mei 2010 in Dunia Islam

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (II)

Pada bagian kedua acara ini, telah disebutkan proses masuknya misionaris Kristen bersama tentara imperialis Eropa ke negara-negara timur, termasuk negara-negara Islam, untuk menyampaikan ajaran agama mereka. Aktivitas dan kinerja misionaris ini bisa disebut sebagai bantuan terhadap imperialis. Kini timbul pertanyaan, faktor apakah yang menyebabkan gerakan  misionaris ini bekerjasama dengan imperialisme di negara-negara Islam?

Sebagian para pakar menyebutkan bahwa akar utama kerjasama antara gerakan misionaris dengan para imperialis ialah perang salib. Salah satu periode yang amat penting dalam sejarah hubungan dunia Islam dan Kristen adalah era Perang Salib. Perang Salib dimulai pada tahun 1095 Masehi atau 489 Hijriah dan berlangsung sampai selama hampir dua abad. Read the rest of this entry »

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (V)

Saudara pembaca, selamat bersua lagi dalam rangkaian acara “Gerakan Misionaris di Negara-Negara Muslim” bagian ke lima”. Dalam acara bagian lalu, kami sudah menyampaikan pembahasan mengenai metode para misionaris Barat dalam memilih orang-orang pribumi dan mengajarkan dasar-dasar ajaran Kristen. Kami juga sudah menyampaikan pembahasan mengenai pendirian berbagai lembaga keilmuan dan universitas di berbagai negara Eropa dan Amerika yang bertujuan untuk mendidik para misionaris. Pada pertemuan kita kali ini, kami akan mengajak Anda untuk membicarakan karakteristik delegasi misionaris yang dikirim ke berbagai negara muslim itu. Selamat mengikuti.

Para misionaris Kristen yang dikirim oleh berbagai pusat keagamaan di Barat ke berbagai negara dunia ketiga, termasuk negara-negara Islam, bekerja secara sendiri-sendiri maupun berkelompok.  Mereka memiliki tujuan yang berbeda-beda. Read the rest of this entry »

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (IV)

Meskipun India bukanlah negara muslim, namun aktivitas para misionaris di sana juga patut kita cermati. Di negeri ini, para misionaris ternyata menggunakan metode lain, yaitu dengan berkedok sebagai turis. Pendeportasian seorang misionaris Amerika Joseph W. Cooper dari India memperlihatkan aktivitas ilegal kaum misionaris di kawasan barat India.

Cooper adalah seorang misionaris Amerika yang berkunjung ke India dengan menggunakan visa turis. Tapi, ia di sana malah sibuk menyampaikan agama Kristen. Read the rest of this entry »

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (III)

Saudara, selamat bersua kembali dalam rangkaian acara yang membahas gerakan misionaris Kristen di negara-negara Islam. Pada pertemuan yang lalu, kami sudah menyampaikan pembahasan alasan kerjasama antara gerakan misionaris dan imperialisme berakar dari Perang Salib dan kedengkian mereka atas kemajuan peradaban Islam yang sangat pesat. Pada pertemuan ketiga ini, kita akan membahas akibat-akibat kehadiran misionaris di negara-negara Islam.

Pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas Masehi, misionaris Eropa masuk ke negara-negara Islam dan memulai kegiatannya secara luas. Read the rest of this entry »

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (I)

Di antara realitas dan berita mengenai negara-negara Islam, adakalanya kita bertemu dengan masalah yang memang penting dan layak untuk diperhatikan. Kehadiran dan aktivitas misionaris agama di negara-negara Islam merupakan salah satu topik penting yang beberapa waktu lalu menjadi pembahasan dalam media massa di negara-negara ini.

Kehadiran misionaris agama di negara-negara Islam merupakan satu gerakan yang kompleks dan ada kalanya berbentuk kegiatan kebudayaan yang tersembunyi. Kegiatan ini sebagian besar mendapat dukungan moral dan materil dari para kapitalis besar di barat. Dengan melihat kepada aktivitas dan kinerja mereka dalam masyarakat Islam selama beberapa dasawarsa yang lalu, banyak pengamat masalah sejarah dan politik yang menilai bahwa para misionaris ini adalah pelaksana kebijakan imperialisme dunia. Read the rest of this entry »

 

Keutamaan Menikah

pernikahan adalah kebaikan hakiki bagi pria dan
wanita, dimana di dalam pernikahan terdapat
ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan.
Pernikahan akan menyempurnakan setengah agama
seseorang, sebagaimana dalam sabda Nabi kita yang
mulia  :

Jika seorang hamba menikah, maka telah sempurnalah
setengah agamanya, maka bertakwalah kepada Alloh
pada sebagian lain
nya.” (HR Al-Hakim).

Agama Islam menganjurkan manusia jika telah mampu
untuk segera menikah, karena nikah merupakan sunnah
Nabi dan petunjuknya. Read the rest of this entry »

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Mei 2010 in Indahnya Menikah

 

Ukhti, Apakah Engkau Menginginkan Kebahagiaan

Oleh: Syaikh Ali Bin Abdul Khaliq al-Qorny

Ukhti (Saudariku) Muslimah,

Sesungguhnya kebahagiaan itu semuanya ada dalam ketaatan kepada

Allah . Kebahagiaan seluruhnya ada di dalam meniti di atas manhaj

(jalan) Allah dan di jalan Rasulullah, Allah berfirman:

Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (Al-Ahzab: 71)

Sesungguhnya kesengsaraan (kemalangan) seluruhnya ada dalam

kemaksiatan kepada Allah dan kebinasaan seluruhnya ada pada selain

manhaj Allah dan Rasul-Nya, Allah berfirman:

Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya ia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata. (Al-Ahzab: 36) Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Mei 2010 in Mutiara Nasihat

 

AIDS dan Narkoba Merajalela

AIDS dan Narkoba, Merajalela

oleh: Ust. dr. Muhsin Abdullah

Sobat, tahu nggak? Kira-kira masalah apa yang tidak hanya bikin orang berjenggot saja yang kebakaran jenggot. Jawabanya tidak lain adalah AIDS dan Narkoba, rupanya dua sejoli ini sekarang sedang jadi jager. So,pertanyaanya kemudian, mengapa keduanya (AIDS dan Narkoba) setia bergandengan? sampai dimanakah solusi penanganannya? lalu bagaimana Islam menyikapinya? tulisan ini akan mencoba menguliti pernik-pernik pertanyaan diatas satu per satu, tentu saja dari perspektif Islam. Read the rest of this entry »

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Mei 2010 in Islam Dan Kesehatan

 

Wahai saudaraku……bacalah renungan ini

Wahai saudaraku ….yang bermaksiat,tak malukah engkau kepada Allah swt
Yang menjagamu ketika engkau masih dalam kandungan ibumu
Wahai saudaraku…..yang bermaksiat,tak malukah engkau kepada Allah swt
Yang telah memberimu oksigen yg tak terbatas ini
Wahai saudaraku ….yang bermaksiat,tak malukah engkau kepada Allah swt
Yg telah memberimu rezeki engkau dan keluargamu mulai dari kecil hingga dewasa kini
Wahai saudaraku…..yang bermaksiat ,tak malukah engkau kepada Allah swt
Yg menjagamu ketika kamu lelap dalam tidurmu Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 April 2010 in Mutiara Nasihat

 

74 Wasiat Untuk Para Pemuda

Segala puji bagi Allah yang berfirman:“Dan sungguh Kami telah memerintahkan orang-orang
yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu; bertakwalah kepada Allah.” (An-
Nisa’: 131)
Serta shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada hamba dan rasul-Nya
Muhammad yang bersabda:
“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah , serta agar kalian mendengar dan
patuh.”
Dan takwa kepada Allah adalah mentaati-Nya dengan melaksanakan perintah-Nya dan
menjauhi larangan-Nya.
Wa ba’du:
Berikut ini adalah wasiat islami yang berharga dalam berbagai aspek seperti ibadah,
muamalah, akhlak, adab dan yang lainnya dari sendi-sendi kehidupan. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 April 2010 in Muda Mudi

 

Sisi Gelap Pacaran

Hoyaaaa… lagi mojok berdua neh! He.he.. jangan mendelik dong kalo emang ngelakuin. Bo..abo.. banyak juga neh remaja yang punya prinsip mojok terus, gesek terus, en tempel terus ama gandengannya (idih, emangnya truk?). Hmm… aneh bin ajaib memang. Urusan cinta yang diwujudkan lewat pacaran kadang nggak kenal tempat dan waktu. Kalo udah demen, nyosor terus ampe’ lupa kanan-kiri. Dunia serasa milik berdua doang. Orang lain mah suruh tinggal di planet senen, eh, planet pluto sekalian.

Saking menjamurnya budaya pacaran, di angkot, di pasar, di kereta, di bus, termasuk di sekolah, mudah kamu jumpai remaja yang saling memadu kasih. Lihat juga di taman kota, di trotoar jalan, termasuk di perpus. Perpus? Nggak salah? Suasananya hening lho buat mojok. Kali aja makin hot! Astaghfirullah… Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 29 April 2010 in Muda Mudi

 

Penciptaan Alam Semesta

Asal mula alam semesta digambarkan dalam Al Qur’an pada ayat berikut:

“Dialah pencipta langit dan bumi.” (Al Qur’an, 6:101)

Keterangan yang diberikan Al Qur’an ini bersesuaian penuh dengan penemuan ilmu pengetahuan masa kini. Kesimpulan yang didapat astrofisika saat ini adalah bahwa keseluruhan alam semesta, beserta dimensi materi dan waktu, muncul menjadi ada sebagai hasil dari suatu ledakan raksasa yang tejadi dalam sekejap. Peristiwa ini, yang dikenal dengan “Big Bang”, membentuk keseluruhan alam semesta sekitar 15 milyar tahun lalu. Read the rest of this entry »

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2010 in Mengungkap Rahasia Al-Quran

 

Al-Quran, Sebuah Kitab yang Sempurna

Al-Quran memuat dan menerangkan tujuan puncak umat manusia dengan bukti-bukti kuat dan sempurna. Dan tujuan itu akan dapat dicapai dengan pandangan realistik terhadap alam, dan dengan melaksanakan pokok-pokok akhlak dan hukum-hukum perbuatan. Al-Quran menggambarkan tujuan ini secara sempurna. Allah berfirman:

Menunjukkan kepada kebenaran dan jalan yang lurus. (QS 46:30)

Di tempat lain, setelah menyebutkan Taurat dan Injil, Allah berfirman:

Kami tusunkan Al-Quran kepadamu dengan membawa kebenaran, untuk membenarkan dan mengoreksi kitab yang sebelumnya. (QS 5:48) Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2010 in Mengungkap Rahasia Al-Quran

 

Al-Quran, Menentukan Jalan Hidup Manusia

Setelah tiga premis di atas jelas, maka harus diketahui pula bahwa Al-Quran – di sampinq memperhatikan tiga premis tersebut, yaitu manusia mempunyai tujuan yang harus dicapainya dalam perjalanan hidupnya dengan usaha dan perbuatannya, dan dia tidak mungkin mencapai tujuan yang diidam-idamkan itu kecuali dengan mengikuti hukum-hukum dan tata cara tertentu serta keharusan mempelajari hukum-hukum dan tata cata itu dari buku fitrah dan penciptaan, yakni ajatan Allah – juga menentu­kan jalan hidup bagi manusia sebagai berikut:

AI-Quran mendasarkan jalan itu pada keimanan akan keesaan-­Nya sebagai dasar pertama agama; Al-Quran menjadikan keimanan kepada akhirat dan Hari Kiamat, yaitu hari ketika orang yang baik dibalas karena kebaikannya dan yang jahat dibalas karena kejahat­annya, sebagai dasar-kedua agama. Hal ini pada gilirannya membawa kepada keimanan kepada kenabian, karena perbuatan-­perbuatan bisa dibalas setelah si pelakunya mengetahui ketaatan dan maksiat, yang baik dan yang buruk. Pengetahuan ini tidak akan dapat diperoleh kecuali melalui wahyu dan kenabian – sebagaimana akan kami rinci nanti. Al-Quran menjadikan ke­imanan kepada kenabian ini sebagai dasar ketiga agama. Read the rest of this entry »

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2010 in Mengungkap Rahasia Al-Quran

 

AI-Quran, Sebuah Kitab Universal

Al-Quran tidak mengkhususkan pembicaraannya kepada bangsa tertentu, seperti bangsa Arab, dan kelompok tertentu, seperti kaum Muslimin. Tetapi ia berbicara kepada bukan Muslim amaupun Muslim (bukti untuk hal ini adalah banyak titah dan hujah dalam banyak ayat Al-Quran, sehingga tak perlu lagi kami kutipkan di sini), termasuk orang-orang kafir, musyrik, Ahlul Kitab, Yahudi, Bani Israil dan Nasrani. AI-Quran menghujah setiap kelompok ini dan mengajak mereka untuk menenma ajaran-jarannya yang benar.

AI-Quran juga menyeru setiap kelompok ini melalui hujah-hujah dan penalaran. Ia tidak pernah mengkhususkan pembicaraannya kepada bangsa Arab saja. Mengenai para penyembah ber­hala, ia berkata: Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2010 in Mengungkap Rahasia Al-Quran

 

Sejarah Gerakan Misionaris Di Dunia Islam (II)

Pada bagian pertama acara ini, telah disebutkan proses masuknya misionaris Kristen bersama tentara imperialis Eropa ke negara-negara timur, termasuk negara-negara Islam, untuk menyampaikan ajaran agama mereka. Aktivitas dan kinerja misionaris ini bisa disebut sebagai bantuan terhadap imperialis. Kini timbul pertanyaan, faktor apakah yang menyebabkan gerakan  misionaris ini bekerjasama dengan imperialisme di negara-negara Islam?

Sebagian para pakar menyebutkan bahwa akar utama kerjasama antara gerakan misionaris dengan para imperialis ialah perang salib. Salah satu periode yang amat penting dalam sejarah hubungan dunia Islam dan Kristen adalah era Perang Salib. Perang Salib dimulai pada tahun 1095 Masehi atau 489 Hijriah dan berlangsung sampai selama hampir dua abad.  Jumlah perang yang terjadi selama masa itu tidaklah jelas, namun perang terbesar terjadi sepuluh kali dan di setiap perang terjadi banyak pertempuran. Di sepanjang Perang Salib, yang dimulai dengan serangan orang-orang Kristen ekstrim untuk menaklukkan Baitul Maqdis, ratusan ribu umat Islam telah terbunuh. Namun,  umat Islam berhasil mempertahankan Baitul Maqdis dan tentara salib terpaksa meninggalkan Suriah, Mesir, dan kawasan muslim lainnya. Read the rest of this entry »

 

Besi, Surat ke-57

Memang aneh, tampaknya, dalam pelajaran teologi, nama salah satu elemen kimia dalam tabel periodik, yaitu besi (Fe = ferrum) bisa menjadi salah satu judul surat dalam kitab suci agama. Tetapi itulah al-Qur’an. Sehingga pertanyaan bagi orang awam tentunya, karakter apa yang menarik pada surat ini? Lalu, mengapa besi dijadikan salah satu nama surat dalam al-Qur’an? Bukankah emas, misalnya, lebih berharga?

Surat ini turun di antara masa-masa Perang Uhud, pada awal terbentuknya Negara Islam di Medinah. Oleh karena itu, bisa dipahami jika cukup banyak ayat yang memerintahkan pembaca untuk menafkahkan harta bagi kepentingan umum. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 April 2010 in Matematika Alam Semesta

 

Matematika dan Bilangan Prima

Bilangan prima adalah dasar dari matematika, termasuk salah satu misteri alam semesta. Tidak pernah terbayangkan oleh manusia sebelumnya, sampai ditemukan bahwa bilangan prima juga merupakan dasar dari kehidupan alam, yang de­ngan usaha keras ingin dijelaskan oleh ilmu ini dalam sains. Pandangan orang umumnya mengatakan bahwa matematika hanyalah penemuan manusia biasa. Sebaliknya, beberapa pemikir masa lalu – Pythagoras, Plato, Cusanus, Kepler, Leibnitz, Newton, Euler, Gauss, termasuk para revolusioner abad ke-20, Planck, Einstein dan Sommerffeld-yakin bahwa keberadaan angka dan bentuk geometris merupakan konsep alam semesta dan konsep yang bebas (independent). Galileo sendiri berang­gapan bahwa matematika adalah bahasa Tuhan ketika menulis alam semesta.1 Read the rest of this entry »

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 27 April 2010 in Matematika Alam Semesta

 

Al-Qur’an: Antisipasi ke Depan

AI-Qur’an selalu merujuk kepada (banyak) alam semesta atau ‘alamin, di mana sains saat ini baru menghasilkan satu hipotesis dan model tentang multiple universes. Seruan al-Qur’an tentang kebenaran sangat universal – timeless and spaceless ­ dialamatkan kepada seluruh manusia dan golongan jin. Kadang-kadang al-Qur’an menyebutkan makhluk yang ada di (banyak) bumi dan di (banyak) langit-yang bermakna segenap makhluk yang telah diketahui maupun yang belum diketahui. Barangkali ia adalah satu-satunya kitab suci yang seruannya ditujukan kepada manusia dan makhluk alam gaib (jin). Kritikus al-Qur’an mengatakan, “Mengapa tidak sekalian saja dialamatkan kepada iblis, atau evil?” Kritikus itu lupa atau tidak mengetahui bahwa iblis dan setan adalah salah satu ras dari golongan jin. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27 April 2010 in Matematika Alam Semesta

 

Babi Dan Penyakit Yang diKandungnya

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Tuhan telah melarang dengan alasan yang akan dijelaskan secara singkat memakan daging bangkai, darah, daging babi dan daging binatang yang dicekik, dipukul, dibanting hingga mati, ditanduk dan dimangsa oleh binatang pemangsa.
Empat belas abad yang silam, ayat ini kedengarannya aneh dan mungkin beberapa kalangan sampai hari ini pun masih bertanya-tanya apa latar belakang pelarangan yang dikehendaki oleh sang Maha Kuasa ini sebenarnya.
Tapi berkat kemajuan ilmu dan teknologi dibidang kedokteran saat ini, setidaknya 175 mikro-organisme pathogenik diketahui menyebabkan penyakit didunia non-manusia. Penyakit-penyakit ini dinyatakan sebagai zoones. Read the rest of this entry »

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Islam Dan Kesehatan

 

Salam dan Kesucian Islam Membukakan Hati Saya

  • SAYA dilahirkan dari keluarga Kristen Protestan yang taat. Kedua orang tua saya adalah orang yang sangat tekun menjalankan ibadah, baik ke gereja maupun ibadah yang diadakan di lingkungan masyarakat. Berkat ketelatenannya itu, ayah saya dipercaya sebagai penatua. la memimpin gereja di suatu distrik atau wilayah di tempat tinggal kami. Tak heran, jika kami–anak-anaknya–mengikuti jejak beliau, aktif di lingkungan yang sarat dengan aktivitas kerohanian itu.

Sebagai anak tertua, saya lebih menonjol dalam bidang kerohanian. Sejak kecil, saya biasa mengikuti Sekolah Mingguan. Saya selalu menjadi panutan bagi yang lain. Saya selalu terpilih sebagai duta atau wakil teman teman dari gereja untuk mengikuti pertandingan atau perlombaan perlombaan yang diadakan gereja secara rutin setiap tahun. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Kisah-Kisah Muallaf

 

Ramadhan di Tengah Pesatnya Perkembangan Islam di Perancis

Paris (ANTARA News) – Umat Islam di Perancis, seperti halnya di negara lain, pada bulan suci Ramadhan kali ini terlihat lebih khusuk menjalankan ibadah puasa, menurut para ahli dan media.

Kecenderungan berpuasa tersebut tidak hanya meliputi para penganut agama Islam yang taat, namun terutama merata di kalangan pemudanya, demikian pengamatan mereka, sebagaimana dilansir AFP.

Menurut survei terbaru dari tabloid mingguan Katholik “La Vie”, 88 persen dari seluruh pemeluk agama Islam dewasa di negara tersebut berpuasa selama Ramadhan, dan 94 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun.

Perancis mempunyai komunitas Muslim terbesar di Eropa, diperkirakan antara empat hingga enam juta orang. Total populasinya adalah 63 juta penduduk, mayoritas merupakan pemeluk Katholik Roma –meskipun menurut sebuah studi, 40 persen di antaranya mengaku atheis. Read the rest of this entry »

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Dunia Islam

 

Ayesha : Oh Tuhan, tunjukkanlah bagaimana menemukan-Mu

Ayesha : Oh Tuhan, tunjukkanlah bagaimana menemukan-Mu

Ayesha lahir di sebuah kampung nelayan kecil, di Sussex, Inggris. Ayesha terkenal aktif di sekolahnya. Nilai-nilai pelajarannya cemerlang, namun ada hal yang membedakan dengan anak-anak lain.

Bila rekan-rekan sebayanya sibuk dengan boneka, dia lebih sering mencorat-coret membuat puisi, merenung, mencari keberadaan Sang Pencipta.

“Kalau anda seorang gadis kecil berumur tujuh tahun tapi sudah mempelajari Hinduisme,dan agama-agama lain, lantas berdebat dengan orang-orang dewasa, tentu itu aneh sekali“, ujarnya. Meskipun kedua orang tuanya atheis dia selalu yakin akan kebenaran agama. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Kisah-Kisah Muallaf

 

Bayang-bayang Kematian Membuatku Masuk Islam

Shinta Ferdiana : Bayang-bayang Kematian membuatku masuk Islam Journey to Islam

Suatu malam yang sunyi, seorang kakek berjanggut putih, berbusana gamis, tertatih-tatih menghampiriku. Aku terkejut, seraya bertanya-tanya dalam hati, siapa lelaki tua itu? Entah dari mana asalnya. Makin mendekat, kurasakan getaran dalam tubuhku. Jantungku berdebar, bulu kudukku berdiri.

Namun, aku hanya diam terpaku. Begitu tepat di depan hidungku, lelaki tua itu seperti berbisik. baca selanjutnya…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Kisah-Kisah Muallaf

 

Makna Al-Masih Dan Makna Ad-Dajjal

Oleh Yusuf bin Abdullah bin Yusuf Al-Wabil MA

MAKNA AL-MASIH
Abu Abdillah Al-Qurthubi menyebutkan dua puluh tiga variasi bentuk kata dari lafal Al-Masih ini. (At-Tadzkiroh: 679). Dan pengarang Al-Qamus memecahnya menjadi lima puluh bentuk kata. [Vide: Tartibul Qamus 4: 239. Penyusun kamus ini mengatakan bahwa dia menguraikan variasi bentuk kata ini dalam kitabnya Syarhu Masyariqil anwar dan lainnya]. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 April 2010 in al-Masih Ad-Dajjal

 

Apakah Dajjal Masih Hidup?


Oleh Yusuf bin Abdullah bin Yusuf Al-Wabil MA

Apakah Dajjal itu sudah ada pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam? Sebelum menjawab kedua pertanyaan di atas, terlebih dahulu kita harus mengetahui keadaan Ibnu Shayyad, apakah dia itu Dajjal atau bukan?

Kalau Dajjal itu bukan Ibnu Shayyad, maka apakah dia telah ada sebelum ke-munculannya dengan membawa fitnah?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, marilah kita mengenal Ibnu Shayyad terlebih dahulu.

IBNU Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 3 April 2010 in al-Masih Ad-Dajjal

 

Penyimpangan Seksual & Bakteri Pemakan Daging Manusia

Penyimpangan Seksual & Bakteri Pemakan Daging Manusia

Allah SWT telah menceritakan kisah kaum Nabi Luth. Mereka adalah kaum yang berbuat sewenang-wenang dan berlebihan serta gemar berbuat dosa dan perilaku yang menyimpang. Rasulullah Saw memperkuat kisah yang difirmankan Allah tersebut dengan suatu ketentuan bahwa orang yang melakukan penyimpangan  seksual harus mendapat sangsi yang keras.  Beliau sabdakan hal tersebut dalam beberapa hadistnya dan melaknatnya sebanyak tiga kali.

Terkait kaum Luth, Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 November 2011 in Islam Dan Kesehatan, Islam dan Pengetahuan

 

[Penjelasan] Mencabut Bulu Ketiak VS Kanker Payudara

Terinspirasi dari komentar Wi3nd pada tulisan saya yang berjudul Selamat Lahir Kembali Fin. Pada tulisan tersebut, diulas pula beberapa sunnah fithrah. Diantaranya adalah mencabut bulu ketiak. Saya merasa, ada banyak pertanyaan yang bergelayut pada benak para pembaca tulisan tersebut. Mungkin karena rasa malulah karena dianggap bahasan tabu untuk dibicarakan di publik seperti ini. Kali ini pun dengan bahasan yang lebih spesial, saya hanya mengkhususkan pada komentarnya Wi3nd.

*sorry ketin99alan*
tentan9 mencabur bulu ketiak,daku pernah dpt kiriman email dr seoran9 temens,katana nda bole loch mencabut bulu ketiak bisa menimbulkan kanker,karna sesun99uhna bulu diketiak ituh sb9i filter 9ituh dech..itu dipandan9 dari se9i keseHatan loch,9imana dunks?
tp daku seeh risih,jd teutep dicukur hehe..

Benarkah informasi yang didapatkan oleh Wi3nd juga tentunya oleh kita semua ini? Apakah karena hasil penelitian tersebut, kita kemudian tidak melaksanakan sunnah yang diperintahkan tersebut? Lebih jauh lagi, Apakah ajaran Islam sudah tidak lagi relefan dengan zaman? Ah.. saya jadi teringat dengan buku yang berjudul “Islam dan Tantangan Zaman“. Kini keyakinan saya (juga Anda, mungkin) tengah diuji. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 November 2011 in Islam Dan Kesehatan

 

Mimpi itu Mendorongku untuk Bertaubat

Kisah ini adalah kisah yang amat menarik tentang kisah taubatnya seorang pemuda yang dahulu bergelimang dalam maksiat. Karena mimpi buruk, ia pun sadar dan bertaubat.

Seorang pemuda larut dalam khayalannya seakan mengulang kembali rekaman kehidupannya jauh ke belakang, “Dulu aku pernah bepergian ke negara-negara eropa setiap musim panas. Di sana aku larut dalam perbuatan maksiat dan dosa demi memuaskan nafsu birahi dan memenuhi keinginan perut. Setelah itu, aku pulang ke negeriku sembari menyayangkan apa yang telah aku lakukan. Aku hanya menjadikan dunia sebagai ladang untuk bersenang-senang bukan ladang menyampaikan kebaikan. Itulah kerugian besarku. Ketika itu, aku berkeyakinan bahwa perbuatan maksiat adalah suatu kebutuhan primer di masa muda. Sampai pada suatu hari, Read the rest of this entry »

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Oktober 2011 in Muda Mudi, Mutiara Nasihat

 

Margaret Templeton, Perempuan Atheis yang Masuk Islam pada Usia 65 Tahun

Margaret Templeton, perempuan Skotlandia ini terlahir dari keluarga atheis. Di rumahnya, anggota keluarga tidak pernah dibolehkan untuk bicara tentang Tuhan. Bahkan ketika Margaret belajar tentang Tuhan di sekolah, ia tidak boleh mengatakan apapun yang diketahuinya di lingkungan rumah, atau ia akan mendapat hukuman.

Namun Margaret terus mencari kebenaran atas sejumlah pertanyaan, mengapa ia ada di dunia ini, untuk apa ia hidup di dunia dan apa yang seharusnya ia lakukan. Hingga usianya beranjak senja, Margaret memulai pencariannya tentang “seseorang yang disebut Tuhan”, yang sering disebut-sebut oleh banyak orang sepanjang hidupnya. Saat itu, ia hanya mencari informasi tentang Tuhan, bukan mencari informasi tentang agama tertentu.

“Kebenaran, sesuatu yang masuk akal untuk saya, yang membuka hati saya dan membuat hidup saya lebih bermakna. Saya mendatangi hampir setiap gereja di Inggris Raya, tapi tidak pernah terjadi pada saya Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Agustus 2011 in Kisah-Kisah Muallaf

 

Air Mata Muallaf Aisyah-san di Bulan Ramadhan

Wanita setengah bayaitu kembali menyusut air mata disela hidangan tajil berbuka puasa.

“Ramadhan to iuto watashi no namida ga ippai detekuru tsuki (Ramadhan adalah bulan air mata saya banyak keluar),”

ungkap seorang mualaf Filipina, yang biasa dipanggil Aisyah-san. Terlihat sesekali matanya yang berkaca-kaca menerawang, seolah tengah membayangkan satu masa.

Ramadhan kali ini adalah tahun ke-4 baginya, setelah memeluk Islam.Terlahir sebagai penganut agama Katholik, menjadikannya penginjil yang taat. Setelah menikah dengan orang Jepang dan tinggal di Negeri Sakura, ia makin menikmati perannya sebagai penginjil di salah satu tempat ibadah.

Setia minggu atau hari libur, ia memiliki tugas mengetuk pintu rumah-rumah untuk memberi seruan tentang ajaran agamanya. Hingga suatu hari, Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Agustus 2011 in Kisah-Kisah Muallaf

 

Ibu,.! Kenapa Ibu Menangis,.!

Suatu ketika, ada seorang anak lelaki yang bertanya kepada ibunya. “Ibu,mengapa ibu menangis ?”. Ibunya menjawab, “Sebab aku wanita.” Saya tidak mengerti,” kata si anak lagi. Ibunya hanya tersenyum dan memeluknya erat. “Nak, kamu memang tidak akan mengerti……”

Kemudian, anak itu bertanya kepada ayahnya. “Ayah,mengapa ibu menangis ?”
Sang ayah menjawab, “Semua wanita memang menangis tanpa ada alasan.”
Hanya itu jawapan yang dapat diberikan oleh ayahnya. Lama kemudian, si anak itu menjadi remaja dan tetap bertanya-tanya, mengapa wanita menangis. Pada suatu malam, Read the rest of this entry »
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Agustus 2011 in Birrul Waalidain

 

Prasasti Kepiluan Islam di Balik Lagu Isabela


Tahukah kalian ternyata di balik nyanyian Isabela tersimpan sejarah yang amat menyedihkan bagi kaum Islam. Sebenarnya hal itu tidak lebih dari prasasti membuka kembali kepedihan yang pernah di alami umat islam di wilayah Granada ( Spayol bagian selatan ) di akhir abad 15 tersebut. Mendengar lagu ini adalah seperti memaksa kita untuk mengingat-ingat terus akan penderitaan umat islam andalusia pada waktu itu. Lirik lagu ini bahkan seperti seakan ingin mengabadikan ” kemenangan besar” kaum katolik atas kaum muslimin di sana. Judul lagu ini bahkan seperti sedang menyanjung sang aktor intelektual di balik peristiwa bengis yang di alami umat islam waktu itu, yaitu Ratu Isabela. Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Agustus 2011 in Dunia Islam, Islam dan Pengetahuan